Ada apa saja ya di Kota Blitar?

Apakah ada yang belum tahu tentang Kota Blitar? Kota Blitar merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Timur, daerahnya berbatasan dengan Malang, Kediri dan Tulungagung. Blitar memiliki wilayah yang tidak begitu luas, terdiri dari 3 kecamatan. Kota Blitar memiliki beberapa julukan yaitu kota Patria, kota Sang Proklamator, dan kota Pensiunan, Alasan Kota Blitar dijuluki kota Pensiunan karena tidak sedikit warga yang berusia produktif pergi merantau keluar daerah dan kembali saat sudah pensiun maka dari itu Blitar disebut sebagai kota Pensiunan. Kota Blitar belum memiliki Mall bahkan Plaza, tetapi menurut saya Blitar menyimpan segudang pesona. Ada apa saja ya di kota kecil seperti Blitar ini?

  • Kuliner

Blitar juga memiliki kuliner yang khas, salah satunya ialah pecel Blitar. Pecel Blitar ini terdiri dari nasi, sayur mayur yang telah direbus dan disiram dengan sambal pecel tidak lupa dengan lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng dan rempeyek kacang atau kedelai. Pecel khas Blitar bila dilihat sepintas tidak memiliki perbedaan dengan pecel khas daerah lain seperti Kediri atau Madiun, Sambal pecelnya pun sama-sama terbuat dari kacang yang diolah dengan bumbu rempah pilihan. Cita rasa yang khas lah yang membuat pecel Blitar berbeda dari pecel daerah lain. Pecel begitu nikmat disantap saat masih hangat dan cocok untuk teman sarapan. Selain pecel, Blitar juga memiliki panganan yang unik yaitu wajik klethik. Wajik klethik diolah dari ketan yang dicampur dengan gula jawa dan bahan pelengkap lainnya, pengolahannya hampir mirip dodol. Dikemas dengan cara unik yaitu dibungkus menggunakan daun jagung kering. Selain itu juga ada buah-buahan yang biasa dibeli untuk buah tangan dari Blitar yaitu buah nanas, buah belimbing dan buah rambutan.

  • Wisata Sejarah

Kota Blitar menawarkan wisata sejarah, sangat berguna untuk kita yang ingin menambah wawasan tentang cerita lalu bangsa Indonesia. Tidak jauh dari pusat kota, terdapat makam Sang Proklamator Indonesia yaitu Ir.Soekarno atau yang lebih sering disapa Bung Karno. Konon, Bung Karno menghabiskan masa kecil sampai remaja di kota kecil ini. Makam Bungkarno berdampingan dengan makam kedua orangtuanya. Di kompleks makam Bung Karno terdapat Perpustakaan Bung Karno yang berisi koleksi buku umum yang cukup lengkap, di sebelah perpustakaan juga berdiri mini gallery yang merupakan gambaran singkat perjalanan hidup Bung Karno. Ada yang menarik perhatian pengunjung di tempat ini yaitu lukisan yang berdetak. Lukisan tersebut adalah sosok Bung Karno, di bagian dada Bung Karno bergetar berirama seperti detak jantung dan seolah-olah lukisan tersebut hidup seperti manusia umumnya. Jika diamati tidak ditemukan alat bantu untuk membuat efek detak jantung tersebut. Sekilas membuat pengunjung merinding dan mengkaitkan hal itu dengan mistis. Tidak jauh dari kompleks makam Bung Karno, ada istana Gebang. Tempat tersebut sebenarnya rumah lawas yang merupakan rumah kakak perempuan Bung Karno dan bernama Bu Wardhoyo. Di rumah Bu Wardhoyo lah Bung Karno sesekali menghabiskan masa liburannya saat remaja, Di sana terdapat foto-foto kenangan yang berjejer di penjuru dinding, kamar-kamar yang sempat dipakai Bung Karno untuk beristirahat. Koleksi barang peninggalan pun masih tersimpan dengan baik. Beberapa menit dari istana Gebang kita dapat menjumpai monumen PETA yang lokasinya berseberangan dengan tempat makam pahlawan kota Blitar. Setiap malam tanggal 13 Februari ada drama teaterikal di monumen tersebut, acara berlangsung khidmat sampai dini hari dan dihadiri oleh pelajar, seniman dan tokoh masyarakat. Acara tersebut semata-mata untuk memperingati pemberontakan PETA melawan penjajah di Blitar yang dipimpin oleh Sudanco Supriyadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s