Pelayanan Klaim Saldo JHT

Pengalaman: Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Ternyata langkah-langkahnya sangat mudah!

Nggak terasa saya sudah memasuki tahun ke-3 berstatus sebagai karyawan di Kulina . Enaknya jadi pegawai tetap, saya dapat fasilitas seperti asuransi kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Nah, pada bulan September tahun lalu, saya memutuskan untuk resign dan masa kerja saya pun berakhir pada 10 Oktober 2018.

“Mbak, BPJS Ketenagakerjaan bisa diklaim ya?” tanya saya pada salah satu teman kantor.

“Bisa kok. Sekarang mah gampang, bisa klaim lewat aplikasi.” jawabnya.

Nggak nunggu lama, saya pun download  aplikasi BPJSTKU di Playstore. Saat pertama kali login, instruksi awalnya ialah memasukkan email yang dipakai saat registrasi BPJS Ketenagakerjaan dulu. Setelah berhasil login, saya bisa mengecek saldo, bisa simulasi menghitung saldo, e-klaim, kartu digital, kecelakaan kerja, info program, mitra layanan, kantor cabang sampai pelaporan. Lengkap khaaan?

Setelah resmi resign, saya nggak bisa langsung klaim BPJS TK. Saya harus menunggu sekitar 1-2 bulan setelah fix resign. Jadi selama rentang waktu 1 bulanan itu saya cuma bisa cek saldo doang.

 

Profil di aplikasi BPJSTKU
Profil di aplikasi BPJSTKU

 

Setelah menunggu sekitar 1 bulanan gitu, saya baru bisa ngajuin klaim. Tinggal pilih saja menu Klaim Saldo JHT yang ada di aplikasi.

 

e-Klaim BPJSTKU
e-Klaim BPJSTKU

 

Pilih nomor KPJ dan pastikan masih aktif, lalu untuk Aksi pilih Pengajuan KlaimUntuk Jenis Klaim, saya pilih Mengundurkan Diri.

 

e-Klaim BPJSTKU
e-Klaim BPJSTKU

 

Setelah itu akan muncul pilihan kantor cabang, saya memilih kantor cabang yang ada di Blitar. Fyi, kamu bisa memilih kantor cabang manapun. Jadi meskipun alamat kantor saya dulu ada di Yogyakarta terus saya urus klaim di Blitar, tetap bisa dan diproses kok.

 

e-Klaim BPJSTKU
e-Klaim BPJSTKU

 

Langkah terakhir dalam proses klaim BPJS TK di aplikasi adalah upload file dengan format .jpg dan ada juga yang menggunakan .pdf. Saya nggak ingat mana aja yang kudu .pdf yang pasti buku rekening, identitas KTP itu berformat .jpg. Saya langsung memotret dari handphone dan berhasil.

 

e-Klaim BPJSTKU
e-Klaim BPJSTKU

Setelah berhasil upload semua file silakan klik LanjutNanti akan ada pemberitahuan bahwa pengajuan sedang diproses dan diminta untuk menunggu kabar selanjutnya dari BPJS.

 

e-Klaim BPJSTKU
e-Klaim BPJSTKU

 

Nggak pakai lama, sehari setelah pengajuan saya langsung dapat e-mail yang berisi respons atas klaim saldo JHT BPJS TK milik saya. Isi dari email kurang lebih meminta saya membawa semua dokumen baik asli maupun salinannya ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di Blitar.

Saya menyiapkan KTP asli beserta fotokopinya, buku rekening bank asli beserta fotokopinya, formulir e-Klaim BPJS yang dilampirkan dalam email dan sudah saya cetak, kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta fotokopinya, Kartu Keluarga asli beserta fotokopinya, dan terakhir surat keterangan pengunduran diri yang asli.

Duh, surat keterangan pengunduran diri yang asli ada di Yogyakarta, sedangkan saya sudah pindah ke Blitar. Saya pun konsultasi ke sahabat saya yang kebetulan bekerja di BPJS Ketenagakerjaan.

“Cand, aku mau klaim BPJS Ketenagakerjaan nih tapi surat keterangan ngundurin diri ada di Yogyakarta. Suratnya cuma dikirim lewat email sama HRku.” curhat saya.

“Bisa, Kay. Nanti print aja dan bilang ke petugas kalau suratnya dalam bentuk pdf di email, nanti kamu diminta forward ke email petugasnya.” jawabnya.

Arahan dari Candela sangat membantu (terima kasih banyak ya!). Meskipun surat keterangan pengunduran diri yang asli tidak saya pegang, begitu di kantor BPJS Ketenagakerjaan saya tetap berikan salinan surat keterangan yang dicetak dan saya jelaskan surat yang asli telah dikirim lewat e-mail.

Benar saja, petugas langsung meminta saya untuk forward e-mail ke petugas. Beberapa dokumen akan diminta dan diperiksa oleh petugas, nggak lupa saya diminta untuk foto di depan kamera yang disediakan.

“Pengajuan sudah kami terima dengan baik, ditunggu aja ya. Nanti kami akan konfirmasi ke perusahaan, jika sudah berhasil diverifikasi, dana akan ditransfer lewat rekening Ibu.” jelas petugas BPJS Ketenagakerjaan.

Kirain dana dari klaim saldo JHT akan cair langsung setelah pengajuan. Ternyata kita harus menunggu maksimal 10-14 hari kerja. Saya nggak sabar buat nunggu cairan dana, khan lumayan banget buat modal usaha. Sudah beberapa hari saya menunggu, belum juga ada pemberitahuan dari BPJS. Begitu cek rekening ternyata sudah masuk beberapa hari yang lalu. Senangnya! 😀

Ternyata e-Klaim BPJS Ketenagakerjaan mudah banget. Pengalaman nyairin dana dari klaim ini sengaja saya tulis supaya bisa membantu untuk kawan-kawan yang ingin pengajuan juga. Semoga bermanfaat!

6 thoughts on “Pengalaman: Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

  1. kenapa cara keraj pencairan claim bpjs terlalu lama ? sistem sdah online harusnya cukup waktu 1jam udah beres.smoga di percepat proses claim saya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s